Saturday, July 13, 2013

BitCoin mata uang masa depan

bitcoin1 

BitCoint adalah mata uang electronik (e currency) yang diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. BitCoin dapat dianalogikan seperti mata uang emas di jaman dahulu kala. Tidak seperti mata uang rupiah atau pun dolar, BitCoin tidak diatur oleh otoritas sentral seperti bank. BitCoin juga tidak terikat pada emas, tembaga ataupun perak sebagai jaminannya. Menurut perhitungan jumlah BitCoin maksimal hanyalah sekitar 21 juta. Jumlahnya sangat terbatas sehingga untuk mendapatkan diperlukan usaha yang besar, hampir mirip dengan keberadaan emas di dunia ini. Untuk memperoleh emas perlu dilakukan proses penambangan, begitu juga dengan BitCoin. Bedanya jika menambah emas kita memerlukan cangkul atau mungkin excavator tetapi untuk menambang BitCoin kita memerlukan komputer. Seperti emas juga harga BitCoin dapat berubah-ubah sesuai dengan hukum ekonomi. Harga BitCoin sesuai dengan permintaan dan persediaan yang ada di pasaran.
Bagaimana Cara Mendapatkan BitCoin?
Sebelum mempunyai uang kita harus mempunyai tempat penyimpanannya dulu. Jika uang rupiah kita dapat menyimpannya sendiri di dompet atau menitipkannya di bank. Begitu juga dengan BitCoin. Kita dapat mempunyai dompet yang berupa  sebuah program yang diinstall di komputer kita sendiri ataupun menitipkan BitCoin yang kita miliki di sebuah bank. Banyak layanan seperti coinbase, blockchain atau yang lainnya yang fungsinya seperti bank untuk menitipkan BitCoin kepunyaan kita. Menyimpan rupiah di bank tentunya lebih aman dari pada menyimpan rupiah di dompet dengan catatan bank tempat kita menyimpan dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut juga sama seperti menyimpan BitCoin. Menyimpan BitCoin di komputer kita sendiri perlu diwaspadai serangan dari virus ataupun yang lain yang kemungkinan bisa mencuri BitCoin yang kita miliki.
Setelah mempunyai tempat penyimpanan BitCoin maka saatnya kita mengumpulkan BitCoin. Bagaimana caranya? Untuk memperoleh emas kita ada tiga pilihan. Pertama melakukan penambangan emas sendiri. Kedua kita membeli emas dengan uang rupiah yang kita punya. Ketiga kita bekerja di sebuah perusahaan yang dapat gaji berupa emas. Untuk memperoleh BitCoin kita juga bisa menggunakan tiga cara diatas. Kita dapat melakukan penambangan BitCoin dengan komputer yang kita punya. Tapi tentunya menambang dengan komputer jangkrik seharga 4 juta akan menghasilkan hal yang berbeda dengan menambang dengan superkomputer yang berharga ratusan juta. Jika kita nekat melakukannya kita sama saja menambang emas di halaman belakang rumah dengan cangkul sedangkan di Papua sana ada perusahaan besar yang menambang emas dengan pelaratan berat. Kemungkinan kita memperoleh BitCoin sangatlah kecil.
Jika kita punya banyak uang rupiah kita dapat memperoleh BitCoin dengan cara membeli dari orang yang punya BitCoin dan orang tersebut mau menjualnya. Di internet banyak situs yang menyediakan penjualan BitCoin -- juga dapat diistilahkan penukaran uang biasa ke BitCoin. Jika berminat cobalah kunjungi di mtgox.
Jika kita tidak bunya uang dan juga tidak mau menambang sendiri maka kita dapat juga bekerja dengan melakukan aktifitas tertentu yang dapat imabalan berupa BitCoin. Jika kita punya blog bisa saja kita menasang iklan di blog kita yang perusahaan penyedia iklan tersebut mau membayar kita dengan BitCoin. Silahkan kunjungi coinurl jika berminat. Jika tidak pandai membuat blog kita juga bisa mengunjungi situs situs yang memberi imbalan kita berupa BitCoin hanya dengan memecahkan captcha dan membaca iklannya. Silahkan kunjungi bitvisitor untuk mencobanya.
BitCoin di Masa Depan
Penggunaan BitCoin di dunia selalu mengalami peningkatan, sedangkan jumlah BitCoin sangat terbatas. Pada saat artikel ini ditulis sudah sekitar 50% dari total BitCoin sudah diketemukan. Tentunya semakin lama semakin banyak BitCoin diketemukan akan semakin sedikit BitCoin yang bisa ditambang. Dengan tinggal sedikitnya BitCoin yang bisa ditambang maka proses penambangan akan semakin susah. Jika proses proses penambangan susah sedangkan permintaan besar maka bukan tidak mungkin harga BitCoin jadi semakin tinggi. Melihat kasus di atas mungkin kita tergiur untuk melakukan investasi dalam bentuk BitCoin. Akan tetapi kemungkinan harga BitCoin turun juga bisa jika dari pihak otoritas memaksa untuk mengurangi penggunaan BitCoin misalnya dengan memblok transaksi BitCoin di internet. Akan lebih baik jika kita berhati hati jika ingin berspekulasi dengan investasi dalam bentuk BitCoin.
Terlepas dari naik turunnya harga BitCoin, BitCoin merupakan sebuah teknologi yang benar benar hebat. Penggunaan mata uang elektronik sangatlah memudahkan transaksi lewat internet, walaupun mungkin dapat merugikan pihak pihak tertentu. Penggunaan BitCoin juga dikhawatirkan digunakan untuk transaksi barang barang ilegal seperti narkoba karena bebas dari pengawasan otoritas. BitCoin hanyalah sebuah alat. Baik tidaknya alat sangatlah tergantung dari penggunanya. Mungkin paribahasa "the man behind the gun" cocok digunakan disini. Beberapa puluh tahun ke depan mungkin BitCoin dapat digunakan secara luas. Penulis membayangkan sepuluh tahun yang akan datang orang bisa pesan nasi goreng online dan membayarnya dengan BitCoin.
Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bitcoin
  2. http://bitcoin.org/en/

No comments:

Post a Comment