Friday, July 12, 2013

BNI Debit Online solusi pengganti kartu kredit

Jika Anda membeli domain di GoDaddy atau Anda mau membeli sebuah aplikasi di google Play Store maka Anda harus mempunyai kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Tidak banyak orang yang mempunyai kartu kredit karena persyaratan pembuatannya yang ketat. Padahal sebenarnya harga yang harus dibayar relatif murah. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan kartu debit. Beberapa waktu lalu BNI meluncurkan layanan baru yang disebut BNI Debit Online. BNI Debit Online ini akan berlaku sama dengan debit card dari MasterCard sehingga dapat digunakan sebagai alat pembayaran di toko toko online yang menerima MasterCard.
Jika Anda adalah pemilik dari rekening BNI maka Anda termasuk yang beruntung. Untuk bisa menggunakannya Anda harus mendaftar di SMS Banking terlebih dahulu. Untuk mendaftar SMS Banking Anda dapat melakukannya di mesin ATM. Anda akan diminta memasukkan nomor hp dan pin yang akan digunakan untuk SMS Banking. Setelah mendaftar di ATM maka Anda sudah dapat menggunakan SMS Banking untuk transaksi non finansial sebagai contoh melihat saldo rekening. Untuk dapat menggunakan SMS Banking untuk transaksi finansial maka Anda harus datang ke cabang BNI terdekat untuk mengaktifkannya lewat customer service. Menurut pengalaman penulis setelah diaktifkan oleh customer service fitur Debit Online belum dapat berfungsi walaupun fitur finansial lain seperti transfer, beli pulsa telepon sudah dapat digunakan. Anda harus menelpon ke 50046 untuk mengaktifkan fitur tersebut. Setelah diaktifkan melalui telepon 50046 Anda harus bersabar. Perlu beberapa hari agar fitur Debit Online dapat digunakan. Untuk mendapatkan vcn (Virtual Card Number) Anda harus kirim sms “REQ VCN <nilai nominal>” ke 3346 dengan nomor yang sudah di registrasikan. Jika Anda pengguna hp android maka Anda dapat memanfaatkan aplikasi BNI SMS Banking sehingga tidak perlu mengingat sintak. Aplikasi BNI SMS Banking dapat didownload gratis di google Play Store. Berikut diagram langkah langkah untuk memperoleh vcn dari situs BNI.
image002


Penggunaan dari BNI Debit Online juga lebih aman dari kartu kredit karena Anda dapat menentukan limit belanja. Selain itu vcn tersebut punya waktu hidup yang singkat — menurut keterangan dari customer service vcn hanya berumur beberapa jam saja. Anda juga tidak perlu lagi memasukkan nomor kartu kredit asli sehingga lebih aman. Selain bisa untuk belanja online di toko toko yang menerima MasterCard vcn BNI juga dapat digunakan untuk verifikasi di PayPal.
Referensi :
Cara aman & mudah belanja online dengan BNI Debit Online

2 comments:

  1. tapi untuk bayar hostgator tidak bisa, apa cuma untuk bayar sesama bni saja ya?

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya saya tidak berminat buka rekening di BNI, saya tertarik hanya karena BNI yang memiliki VCN, yang bisa saya gunakan untuk aktivasi di paypal, sebagai pengganti kartu kredit.
    Akan tetapi setelah 3 hari buka rekening, dan sudah aktivasi sms banking. registrasi via sms tidak berhasil(respon sms : belum bisa di proses)..begitu juga dengan cara *141*2# respon sms : sedang diproses (hingga 2x24 jam).saya tidak dapat nomer VCN.
    2 kali saya komplain ke http://www.bni.co.id/id-id/hubungikami.aspx, tidak ada tanggapan,penjelasan via emai juga tidak ada.
    komplain juga sudah saya sampaikan ke call center BNI : 08001881946 (tgl 15/08/14)..dan belum ada solusi hingga saat ini
    apakah proses VCN BNI memang lama?

    ReplyDelete